Rabu, 25 Desember 2019

Fungsi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

Fungsi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Manajemen PAUD berfungsi mempermudah bagi pengelola atau kepala sekolah PAUD untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan. Manajemen PAUD adalah upaya mengarahkan proses interaksi edukatif antara peserta didik, guru, dan lingkungan secara teratur dan tersistem untuk mencapai tujuan pendidikan anak usia dini.

1. Perencanaan
Perencanaan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dituangkan ke dalam visi misi lembaga, dan strategi untuk mencapai tujuannya. Usahakan dalam membuat perencanaan dilengkapi dengan tabel penjadwalan (time schedule) kapan program mulai dan selesai. Perencanaan ini akan membuat program berjalan matang dan tepat waktu.

2. Pengorganisasian
Selain perencanaan, hal yang tidak kalah penting dalam keberhasilan program paud adalah pengorganisasian. Bagilah tugas secara profesional sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing sumber daya individu yang ada. Dengan adanya manajemen paud, pengorganisasian akan dapat dilakukan dengan mudah karena komponen paud yang di dalamnya terdapat sumber daya dapat bekerja bersama-sama membentuk sebuah sistem untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Kepemimpinan
Seorang pengelola paud tidak boleh disibukkan dengan perkerjaan intern lembaga yang dipimpinyya. Ia harus melihat keluar mencari ide dan inspirasi baru agar paud yang dipimpinnya bisa maju. Pengelola paud juga harus mengajar di kelas dan tentu jam mengajarnya tidak sebanyak guru-guru lain karena ia juga harus tahu kondisi lapangan dengan instansi yang dipimpinnya sehingga ia mengetahui persis program yang bagaimana yang seharusnya dilaksanakan.

4. Pengawasan
Dengan adanya manajemen paud pengawasan akan menjadi lebih mudah karena pengelola paud akan membagi pekerjaan terhadap individu-individu yang terlibat guna mencapai tujuan. Sebuah rencana program harus diawasi / dikontrol / di supervisi yang tujuannya bukan untuk menilai baik atau buruk akan tetapi seorang kepala sekolah harus memberikan motivasi, arahan, dalam lebih mengoptimalkan lagi hasil kerja yang dicapai para individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

Fungsi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Manajemen PAUD berfungsi mempermudah bagi pengelola atau kepala sekolah PAUD untuk melaku...